Deskripsi Materi Simulasi Digital
I. PENDAHULUAN
A. Deskripsi Mata Pelajaran Simulasi Digital
Mata
pelajaran Simulasi Digital adalah mata pelajaran yang membekali siswa agar
dapat mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui media digital.
Dalam
proses pemelajaran, siswa dapat mengomunikasikan gagasan atau konsep yang
dikemukakan orang lain dan mewujudkannya melalui media digital, dengan tujuan
menguasai teknik mengomunikasikan gagasan atau konsep.
Tujuan
akhir setelah siswa mempelajari berbagai keteknikan dan cara bekerja yang
terkait dengan mata pelajaran kejuruan, siswa mampu mengomunikasikan gagasan
atau konsep yang ditemukannya sendiri atau modifikasi dari gagasan atau konsep
yang sudah ada.
Pada dasarnya kemampuan mengomunikasikan
gagasan atau konsep, sama pentingnya dengan penemuan gagasan atau konsep
tersebut.
|
Kemampuan mengomunikasikan gagasan atau
konsep dengan tepat, mencerminkan kecerdasan pola pikir dan tingkat
penguasaangagasan atau konsep tersebut.
|
Media
digital yang dimanfaatkan untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep, dipilih
dari yang telah tersedia secara luas melalui aplikasi atau platform digital dengan menggunakan peralatan elektronika atau
peralatan teknologi informatika dan komunikasi yang ada.
Ruang
Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital (Buku Siswa ke-1) Sesuai dengan tujuannya, mata
pelajaran Simulasi Digital memiliki ruang lingkup sebagai berikut.
B. Komunikasi Dalam Jaringan (Komunikasi Daring)
Melalui
komunikasi daring, dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk memanfaatkan jejaring
internet untuk mencari dan mendapatkan informasi sebagai pendukung gagasan atau
konsepnya sekaligus mengomunikasikan gagasan atau konsepnya.
Komunikasi
daring memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah yang dilakukan dalam satu
waktu yang bersamaan (synchronous)
maupun dalam waktu yang berbeda (asynchronous).
Komunikasi daring dapat dilakukan melalui pengiriman teks dan gambar, bahkan
memungkinkan komunikator dan komunikan melakukan percakapan langsung dengan
saling melihat gambar lawan bicaranya.
Komunikasi daring telah “melipat dunia”,
menafikkan jarak.
|
C. Kelas Maya
Melalui
kelas maya, dimaksudkan siswa memiliki bekal untuk dapat ikut serta dalam kelas
maya yang diselenggarakan oleh siapapun, dalam rangka meningkatkan
pengetahuannya. Kelas maya sebagai kelas yang diselenggarakan “jarak jauh”
dengan memanfaatkan jejaring internet.
Kelas
maya memungkinkan siswa mengunduh berbagai informasi dan pengetahuan baru yang
diperlukan yang telah disediakan oleh guru yang mengampu kelas maya tersebut,
sekaligus menyampaikan tanggapan atau jawaban yang ditanyakan oleh guru.
Kelas
maya merupakan kelas “terbuka” dan “jarak jauh” yang dibuat dalam rangka
pemelajaran yang dapat diikuti oleh siswa yang terdaftar, dan tidak ada
perbedaan dengan kelas konvensional (kelas tatap muka langsung antara guru dan
siswa).
Keterlibatan
orang tua siswa dalam memantau keaktifan siswa mengikuti kelas maya dapat
dilakukan orang tua kepada guru.
Kelas maya adalah kelas terkini, “terbuka”
dan “jarak jauh”, tempat siswa menuntut ilmu.
|
D. Presentasi Video
Kemudahan
perekaman gambar bergerak dalam bentuk video dan perkembangan teknik video dari
analog ke digital, memungkinkan
seseorang merekam gambar bergerak yang lebih baik dan lebih mudah. Meskipun
harus mempelajari teknik perekaman gambar dan penyuntingannya, melalui video process (proses perekaman gambar
bergerak melalui lensa yang ada pada peralatan kamera digital atau camcorder atau telpon genggam),
presentasi video memberikan bekal bagi siswa untuk membuat video, terutama
untuk, mengomunikasikan gagasan atau konsep.
Ada
kalanya, penyaji saat mengomunikasikan gagasan atau konsep tidak memerlukan
banyak gerakan atau hanya memerlukan ruang gerak yang sedikit. Untuk
kepentingan tersebut video process
untuk pengambilan gambar penyaji, dapat digantikan dengan memanfaatkan webcam.
Presentasi
Video membekali siswa dapat melakukan keduanya.
Presentasi video adalah media siswa
mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan mengekspresikan diri dalam bentuk
gambar bergerak.
|
Komentar
Posting Komentar